menejemen keamanan {ISO}

Menejemen Keamanan Informasi {ISO}

Apa itu Keamanan Informasi?

Keamanan informasi terdiri dari perlindungan terhadap aspek-aspek berikut:

  1. Confidentiality (kerahasiaan) aspek yang menjamin kerahasiaan data atau informasi, memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang dan menjamin kerahasiaan data yang dikirim, diterima dan disimpan.
  2. Integrity (integritas) aspek yang menjamin bahwa data tidak dirubah tanpa ada ijin fihak yang berwenang (authorized), menjaga keakuratan dan keutuhan informasi serta metode prosesnya untuk menjamin aspek integrity ini.
  3. Availability (ketersediaan) aspek yang menjamin bahwa data akan tersedia saat dibutuhkan, memastikan user yang berhak dapat menggunakan informasi dan perangkat terkait (aset yang berhubungan bilamana diperlukan).

Keamanan informasi diperoleh dengan mengimplementasi seperangkat alat kontrol yang layak, yang dapat berupa kebijakan-kebijakan, praktek-praktek, prosedur-prosedur, struktur-struktur organisasi dan piranti lunak.

Informasi atau data adalah aset bagi perusahaan. Keamanan data secara tidak langsung dapat memastikan kontinuitas bisnis, mengurangi resiko, mengoptimalkan return on investment dan mencari kesempatan bisnis. Semakin banyak informasi perusahaan yang disimpan, dikelola dan di-sharing maka semakin besar pula resiko terjadinya kerusakan, kehilangan atau tereksposnya data ke pihak eksternal yang tidak diinginkan.

Bagaimana data atau informasi tersebut dikelola, dipelihara dan diekspose, melatarbelakangi disusunnya ISO 17799, standar untuk sistem manajemen keamanan informasi.

Penyusunan standar ini berawal pada tahun 1995, dimana sekelompok perusahaan besar seperti BOC, BT, Marks & Spencer, Midland Bank, Nationwide Building Society, Shell dan Unilever bekerja sama untuk membuat suatu standar yang dinamakan BS (British Standard) 7799.

BS 7799 Part 1: the Code of Practice for Information Security Management. Februari 1998 BS 7799 Part 2: The Specification for Information Security Management Systems (ISMS) menyusul diterbitkan. Desember 2000 ISO (International Organization of Standardization) dan IEC (International Electro-Technical Commission) mengadopsi BS 7799 Part 1 dan menerbitkannya sebagai standar ISO/IEC 17799:2000 yang diakui secara internasional.

Apa itu ISO 17799?

  • ISO 17799 merupakan suatu struktur dan rekomendasi pedoman yang diakui secara internasional untuk keamanan informasi.
  • Suatu proses keamanan informasi yang menyeluruh yang dapat diusahakan atau di implementasikan bagi perusahaan agar memperoleh manfaat keamanan yang diinginkan.
  • Proses evaluasi, implementasi, pemeliharaan dan pengaturan keamanan informasi yang singkat.
  • Upaya penggunaan oleh konsorsium perusahaan untuk memenuhi kebutuhan industri.
  • ISO 17799 merupakan proses yang seimbang antara fisik, keamanan secara teknikal dan prosedur, serta keamanan pribadi.

Definisi di ISO-17799

ISO – the International Standards Organization adalah lembaga idependent yang mengeluarkan standar operasional prosedur (SOP) terhadap kualitas suatu layanan.

Information Security – merupakan gambaran dari 3 aspek penting keamanan informasi yang meliputi confidentiality, integrity dan availability.

Risk Assessment – perkiraan kemungkinan ancaman akibat kelemahan keamanan sistem informasi dan proses ketersediaan informasi sehingga bisa menyebabkan gangguan.

Risk Management – proses identifikasi, pengawasan, minimalisasi atau eliminasi resiko keamanan yang akan mempengaruhi sistem informasi, untuk biaya yang dapat diterima.

ISMSInformation Security Management System. Sistem manajemen keamanan informasi organisasi yang menyediakan pendekatan sistematik dalam mengatur informasi yang sensitif agar dapat memproteksinya. Ini meliputi pegawai, proses-proses dan sistem informasi.Isi dari ISO-17799 ?

Isi ISO 17799, meliputi :

  • 10 control clauses (10 pasal pengamatan)
    • 36 control objectives (36 objek/sasaran pengamanan)
    • 127 controls securiy (127 pengawasan keamanan)

Keuntungan menerapkan ISO-17799

Keuntungan utama dari BS7799/ISO17799 berhubungan dengan kepercayaan publik. Sama seperti ISO 9000 yang mencerminkan jaminan kualitas.

  • Standar ini merupakan tanda kepercayaan dalam seluruh keamanan perusahaan.

Manajemen kebijakan terpusat dan p

0 Responses